Transcription

MODUL MATERICOREL DRAW X7DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKAKABUPATEN TEMANGGUNGJl. JENDRAL SUDIRMAN NO. 41-42 Lt. 3-4 TEMANGGUNG

PENGENALAN COREL DRAW VERSI X7Apa Itu CorelDRAW?CorelDRAW – The Popular Drawing SoftwareCorelDRAW adalah sebuah drawing software yang sangat populer. Sebuah software yang serbaguna dan dimanfaatkan oleh para desainer dari berbagai aliran: senimurni, desain logo, desainikon dan karakter, desain poster, brosur, kartu nama,cover buku dan sebagainya. Digemari olehdesainer cetak karena memiliki paletwarna yang mendekati warna yang dihasilkan oleh mesincetak, meskipun demikian CorelDRAW tidaklah cocok digunakan untuk layout isi buku. Pertamakali muncul pada tahun 1987, versi terakhir yang dirilis adalah X7 (17). Popularitas danpenggunaannya yang begitu luas membuat software lain yang sejenis, sedikit banyak kemudianmengikuti tampilan dan cara penggunaannya, termasuk drawing software yang tidak berbayar(open source).Drawing dan Painting, Apa Bedanya?Apa saja software grafis yang anda kenal? Jika anda menyebut Adobe Photoshop, ia termasukpainting software. Apa beda drawing dan painting kalau begitu? Painting berarti bahwa ketikaanda menambahkan sesuatu – apakah itu titik, garis, bangun, coretan dan sebagainya – ke atasbidang gambar, maka anda melakukan hal yang sama dengan mencorat-coret sebuah kertas:anda mengubah warna bidang gambar tersebut, sehingga coretan yang anda buat tidak dapatdigeser atau diubah kecuali dihapus. Pada painting, manipulasi individual terhadap coretandicapai dengan sistem layering: seolah-olah anda memiliki selembar kertas putih di dasar danberlapis-lapis kertas transparan di atasnya: coretan pada lapis ke 15 dapat anda hapus tanpamerusak coretan lain di lapis ke 14. Drawing berarti bahwa apa yang anda tambahkan ke bidanggambar sebenarnya adalah sebuah objek. Seperti menaruh pin, penggaris, dan busur di atasselembar kertas. Benda-benda tersebut tidak pernah menyatu dengan kertasnya, sehinggabebas untuk dimanipulasi, misalnya digeser. Setiap objek drawing merupakan hasilpenggambaran secara matematis dari informasi komponen grafis objek yang tersimpan. Ukuranfile citra hasil painting akan membesar seiring dengan ukuran bidang gambar dan jumlahlayernya, sedangkan ukuran file gambar hasil drawing tergantung pada banyaknya objek didalamnya. Citra painting menyimpan hasil akhir coretan-coretan anda berupa sebuah lukisanutuh (dikenal juga sebagai bitmap); gambar drawing menyimpan koordinat titik, jenis objek danmanipulasinya saja (dikenal juga sebagai vector), sehingga perlu rendering (prosespenggambaran) setiap kali kita ingin melihat hasilnya.

Membuka CorelDRAWCorelDRAW bukanlah sesuatu yang langsung ada di komputer anda, ketika anda baru sajamembelinya misalnya, atau setelah anda melakukan instalasi sebuah sistem operasi. Tentuanda harus terlebih dahulu membeli software ini dan melakukan instalasi sebelum anda mulaimenggunakannya. CorelDRAW tersedia dalam paket bernama Corel Graphics Suite bersamabeberapa software grafis lain dari Corel yang saling melengkapi. Ukuran instalasinya antara100-300 megabyte untuk seluruh paket tersebut. Corel Graphics Suite tersedia untuk sistemoperasi Windows dan Macintosh. Jika CorelDRAW telah terinstal, sangat mudah untukmembukanya, tinggal menamukan lokasi grup software aplikasi pada computer anda. Contohuntuk Windows adalah klik tombol ‘Start’ ‘All Programs’ ‘CorelDRAW Graphics Suite X7’‘CorelDRAW X7’. Bagaimana jika versi CorelDRAW yang dimiliki berbeda? Temukan saja bagianmenu yang memuat kata Corel, kemudian cari shortcut untuk CorelDRAW di sana.Setelah memberikan perintah untuk membuka CorelDRAW, mungkin saja akan muncul jendeladengan pertanyaan atau pilihan, klik saja ‘New’, dan akan muncul antarmuka utamaCorelDRAW. CorelDRAW tidak mengalami perubahan radikal dari satu versi ke versi berikutnya,sehingga informasi dalam modul ini masih dapat anda gunakan. Perbedaan yang ada adalahkemampuan baru yang ditambahkan setiap kenaikan versi, yang biasanya ditunjukkan olehadanya tool baru pada toolbar atau menu baru, sehingga pada versi yang lebih lama dari X7,beberapa bagian antarmuka belum ada.

Bagian-bagian antarmuka CorelDRAW (nomor menunjuk pada ilustrasi gambar):1. Title Bar2. Menu BarKumpulan menu yang digunakan untuk mengakses seluruh fungsi-fungsi yang ada padaCorelDraw, termasuk membuka – menyimpan file, efek-efek, dan sebagainya.3. Standard ToolbarKumpulan icon yang berfungsi untuk mengakses menu-menu umum yang paling seringdipakai. Berikut isi standard toolbar:4. Property BarBerfungsi menampilkan pilihan properti dari sebuah fungsi toolbox yang tengah dipakai.Pada kondisi default (tool yang terpilih adalah pick tool – panah putih, maka property barakan berisi ukuran kertas bidang gambar, orientasi kertas, unit yang digunakan, dansebagainya. Property bar akan selalu berubah tergantung dari tool yang kita pilih di toolbox.

5. Ruler Bar6. ToolboxBerisi pilihan tool dan mode menggambar. Klik pada sebuah ikon tool untukmenggunakannya, maka tombol ikon akan tampak seperti ditekan, dan tool tersebut siapkita gunakan pada bidang gambar. Kadang juga terdapat subtool yang dapat dimunculkandengan menekan agak lama pada sebuah icon tool, kemudian klik pada sub tool yangtersedia. Isi Toolbox ditunjukkan pada halaman berikutnya7. Bidang Kerja8. Bidang GambarLuasan bidang gambar dengan ukuran kertas tertentu yang dapat kita gunakan untukmendesain gambar. Apa yang berada di luar tepi bidang gambar tidak akan ikut tercetak saatdiprint.9. Palet WarnaDigunakan untuk memilih warna yang akan kita pakai untuk mewarnai sebuah objek gambar.Klik kiri pada palet akan mengeset warna isian (fill) suatu objek, dan klik kanan pada paletakan mengeset warna tepi dan garis (line).

10. Penunjuk Halaman11. Status BarMenunjukkan beberapa status penting dan event yang sedang terjadi, juga pada bagiankanan menunjukkan warna fill dan line sebuah objek.12. Object PropertiesMenampilkan setting yang dapat dipilih dari sebuah objek. Biasanya yang terdapat di siniadalah warna fill, warna garis, dan sebagainya untuk sebuah objek tertentu saja.

Tool Untuk MenggambarAnda membutuhkan beberapa peralatan dasar untuk memudahkan anda menggambar.Peralatan atau tool ini tersedia pada Toolbox di sebelah kiri antarmuka, dan secara sengajadikelompokkan pada bagian atas untuk mempermudah penggunanya mengingat danmenjangkaunya. Tool harus diklik terlebih dahulu untuk menggunakannya. Tool dasar inidiantaranya adalah:Pick ToolMemilih dan mengaktifkan obyek untuk melakukan manipulasi objek. Misalnya scaling,rotating, skewing, resizing.Shape Tools1. Shape Tool : Melakukan proses editing node pada shape (komponen garis dari obyek).2. Smudge Tool : Menggosok obyek sehingga merubah bentuk obyek yang digosok tersebut.3. Roughen Tool : Memberikan efek distorsi pada obyek.4. Transform Tool : Merotasi, membesarkan, mengecilkan, skewing image secara bebas.Crop Tools1. Crop Tool : Digunakan untuk menghapus objek diluar seleksi.2. Knife Tool : Pisau yang berfungsi untuk memotong obyek. Cara kerjanya persis sepertimenggunakan pisau biasa.

3. Eraser Tool : Menghapus bagian tertentu dari obyek.4. Virtual Segment delete tool : Menghapus segmen secara virtualZoom Tools1. Zoom Tool : Membesarkan atau mengecilkan tampilan area kerja di monitor.2. Hand Tool : Menggeser area kerja ke posisi tertentu.

Mulai MenggambarMengatur Ukuran Bidang GambarKarena dirancang untuk desain kreatif – termasuk desain cetak, maka CorelDRAWmenyediakan bermacam-macam ukuran kertas secara default untuk membantu Andamemilih secara cepat ukuran yang diinginkan. Hampir segala jenis ukuran kertas standaryang populer dapat anda temukan di sini: Letter, A4, F4, B4, Business Card, Hagaki dansebagainya.Pengaturan tambahan meliputi orientasi kertas, satuan ukuran yang akan digunakan danlain-lain. Klik Menu Tools Options Document Page Size untuk memunculkan jendelapengaturan ukuran bidang gambar yang ditunjukkan pada halaman berikutnya. Alternatiflain adalah ketika tool dalam posisi ‘Pick Tool’, ubah ukuran kertas yang ada pada PropertyBar, apakah Letter, A4 atau sebagainya, atau kita juga bisa mendefinisikan sendiri ukuranyang kita mau, misalnya 3 x 4 inchi, atau 30 x 30 cm, pada boks di sebelah kanan ukurankertas, sekaligus pilih orientasi kertas, apakah portrait (tegak) atau landscape (tidur).

Menambahkan ObjekPada bagian awal dijelaskan bahwa CorelDRAW adalah drawing software. Semua yangterletak di atas bidang gambar adalah objek. Artinya, apapun yang pernah anda lihat beradadi atas bidang gambar, baik itu titik, garis, bangun, citra (image), teks dan lain-lain, yangmeskipun seolah-olah membentuk sebuah kesatuan komposisi, sebenarnya adalah entitasentitas terpisah yang saling bebas satu sama lain.Objek apa saja yang dapat ditambahkan ke dalam bidang gambar?Ada berbagai pilihan objek yang disediakan pada bagian tengah Toolbox. Seluruhnya adalahobjek geometris – karena dibuat secara matematis, tetapi objek-objek ini jikadikombinasikan dapat menghasilkan gambar yang menarik.Curve Tools1. Freehand Tool : Membuat obyek berupa garis bebas.2. Bezier Tool : Membuat obyek garis dengan menentukan banyaknya node.3. Artistic Media Tool : Membuat obyek garis dengan berbagai bentuk yang artistik.4. Pen Tool : Membuat obyek kombinasi antara garis lurus dan garis lengkung secaralangsung.

5. Polyline Tool : Membuat obyek kombinasi garis lurus dan freehand secara langsung.6. 3-Point Tool : Membuat obyek garis dengan kurva 3 point.7. Connector Tool : Membuat obyek garis konektor secara interaktif8. Dimension Tool : Membuat obyek garis ukuran pada suatu obyek yang kita buat.1. Smart Fill : Untuk mewarna objek dan garis secara bersamaan sesuai dengan pengaturan.2. Smart Drawing : Membuat obyek garis secara bebas seperti freehand tool, namun denganhasil yang lebih bagus.1. Rectangle Tool : Membuat obyek persegi panjang atau bujur sangkar.2. 3-Point Rectangle Tool : Membuat obyek persegi panjang atau bujur sangkar dengankemiringan tertentu.1. Ellipse Tool : Membuat obyek lingkaran atau elips.2. 3-Point Ellipse Tool : Membuat obyek lingkaran atau elips dengan kemiringan tertentu.Object Tools

1. Polygon Tool : Membuat obyek segi banyak.2. Star Tool : Membuat obyek-obyek bintang.3. Complex Star Tool : Membuat obyek-obyek bintang sudut banyak.4. Graph Paper : Membuat obyek menyerupai tabel.5. Spiral Tool : Membuat obyek spiral.6. Text Tool : Membuat obyek teks.

7. Table Tool : Membuat tabel.Perfect Shape Tools1. Basic Shapes Tool : Membuat obyek-obyek dasar.2. Arrow Shapes Tool : Membuat obyek-obyek anak panah.3. Flowchart Shapes Tool : Membuat obyek-obyek flowchart.4. Banner Shapes Tool : Membuat objek-objek banner.5. Callout Shapes Tool : Membuat obyek-obyek callout (objek isi teks pada komik).Eyedropper Tools1. Eyedropper tool : Mengambil sampel warna dari suatu obyek.2. Paintbucket tool : Memberikan warna tertentu pada suatu obyek.Bagaimana cara menambahkan objek?Contoh berikut akan menambahkan objek berupa segi empat dan lingkaran. Untuk membuatsegi empat, klik ‘Rectangle Tool’ pada Toolbox, klik pada bidang gambar, kemudian tariksesuai ukuran segi empat yang diinginkan dan selamat, sebuah segi empat telahditambahkan pada bidang gambar anda! Lakukan cara yang sama untuk menambahkansebuah lingkaran, tetapi sebelumnya klik pada ‘Ellipse Tool’ sebelum anda mulai melakukanklik dan tarik pada bidang gambar. Setiap bentuk objek sebenarnya memiliki shortcut tombolkeyboard masing-masing untuk mempercepat proses desain. Temukan beberapadiantaranya melalui eksperimen, dan cobalah membuat objek-objek yang lainnya!Catatan ketika menambahkan objek teksJika anda ingin menambahkan teks tanpa batas segi empat – misalkan kalimat slogan ataujudul, klik ‘Text Tool’ kemudian cukup sekali klik pada bidang gambar, dan ketikkan teks yanganda inginkan. Jika anda melakukan dengan cara yang sama seperti contoh di atas (klik dantarik) saat menambahkan objek teks, maka akan tercipta sebuah batas segi empat yangmenjadi tempat menuliskan teks anda. Batas ini berfungsi seperti batas kolom pada majalah.

Bagaimana cara mengubah garis dan isian objek?Lakukan eksperimen pribadi, dan temukan bagaimana anda dapat mengubah warna garis,ketebalan garis, pola garis, warna isian objek, pola isian objek, dan sebagainya. Temukanjawabannya pada suplemen modul ini, tetapi berusahalah untuk menemukannya sendiriterlebih dahulu!Menambahkan Objek Gambar Berformat LainTidak hanya objek asli dari CorelDRAW yang dapat kita taruh di atas bidang gambar.Seandainya anda memiliki citra atau gambar yang dibuat dengan software grafis lainnya,objek tersebut dapat dimasukkan pula ke dalam bidang gambar, jika format objek tersebutdidukung oleh CorelDRAW. Format gambar lain yang didukung misalnya adalah EPS(Encapsulated PostScript), AI (Adobe Illustrator), SVG (Scalable Vector Graphics – formatgambar terbuka), serta format-format citra umum seperti BMP (bitmap), JPG, GIF, PNG(Portable Network Graphics – format citra terbuka) dan sebagainya. Caranya adalah sebagaiberikut:a. Klik pada menu ‘File Import’, atau bisa juga dengan menekan ‘Ctrl I’ pada keyboard.b. Muncul kotak dialog ‘Import’ untuk memilih gambar, pilih gambar yang dikehendaki,kemudian klik tombol Importc. Muncul placeholder untuk meletakkan gambar di bidang gambar, gerakkan mouse ketempat yang dikehendaki, kemudian klik untuk menempatkan gambar tersebut.d. Objek selesai diimpor ke bidang gambar. Objek ini masih bisa digeser jika letaknya kurangpas dengan cara klik pada bagian objek yang bukan bagian tengahnya, kemudian tarik kelokasi yang diinginkan.Memanipulasi ObjekKelebihan dari konsep objek adalah, bahwa sebuah objek tidak terikat dengan bidanggambarnya maupun objek yang lain, sehingga setiap objek bisa dimanipulasi secara bebastanpa mempengaruhi yang lain. Manipulasi Dasar Objek1. Select (Memilih)Pilih tool Pick Tool yang berada pada urutan teratas toolbox, kemudian klik pada objek yangdiinginkan. Untuk memilih lebih dari satu objek, sinari seluruh objek (melakukan klik dantarik pada area sekitar objek-objek dimaksud) atau menekan tombol keyboard ‘Shift’ sambilmelakukan klik pada masing-masing objek.2. Move (Memindah)Pilih objek yang diinginkan, kemudian pindahkan dengan cara melakukan klik dan tarik padaobjek tersebut. Jika anda ingin menggeser beberapa objek sekaligus, pastikan ketikamelakukan klik dan drag, kursor mouse diposisikan pada salah satu objek tersebut.

3. Resize (Memperbesar/Memperkecil)Pilih objek yang diinginkan, kemudian klik dan tarik kotak berwarna hitam di pojok-pojokatau kiri-kanan-atas-bawah objek untuk merubah ukuran objek. Jika Anda menginginkanobjek membesar dan mengecil sesuai porosnya, tekan terlebih dahulu dan tahan tombolkeyboard ‘Shift’ selama melakukan klik dan tarik. Alternatif lain untuk melakukan resizeadalah menggunakan ukuran persen yang terdapat pada Property Bar. Persen ini berlakuuntuk panjang dan lebar objek. Jika menggunakan property bar, anda harus mengetikkanangka yang diinginkan, kemudian tekan tombol keyboard ‘Enter’.

4. Rotate (Memutar)Pilih objek yang diinginkan, lalu klik sekali lagi pada sembarang bagian objek untukmenjadikan mode rotate, di mana tanda hitam di pojok-pojok akan berubah menjadi panahmelingkar. Klik dan tarik pada panah tersebut untuk memutar objek. Jika anda menginginkanobjek berputar sesuai porosnya yang baru, Anda harus memindah poros-nya dengan caraklik dan tarik pada ikon poros. Alternatif rotasi yang lain adalah menggunakan fungsi rotasiyang ada pada Property Bar, dengan fungsi rotasi CCW (counter clockwise – melawan arahjarum jam). Jika menggunakan property bar, anda harus mengetikkan angka yang diinginkan,kemudian tekan tombol keyboard ‘Enter’. Setelah selesai melakukan rotasi, klik sekali lagipada objek untuk mengembalikannya ke mode resize.

5. Delete (Hapus)Pilih objek yang diinginkan, lalu tekan tombol ‘Del’ pada keyboard.Mengapa objek dapat dimanipulasi dengan mudah?Ditarik, dibalik, diputar, kok sepertinya luwes sekali? Objek yang terlihat di layar sebenarnyadisimpan sebagai informasi komponen grafis saja, misalnya koordinat titik, garis, warna, danrumus penyusun objek tersebut. Apa yang terlihat secara visual adalah hasil rendering ataupenggambaran secara matematis dari komponen-komponen grafis objek tersebut. Dengandemikian manipulasi akan langsung diterapkan secara matematis terhadap komponeninformasi yang dimanipulasi, misalnya letak sebuah titik, dan secara otomatis komponen lainakan menyesuaikan. Ukuran dan posisi objek tidak akan mempengaruhi besarnya informasiyang disimpan, tetapi banyaknya objek yang disimpan.

Menyimpan dan Membuka GambarBekerja dengan banyak objek akan membuat memory komputer berkurang, dan bukan tidakmungkin nantinya anda akan bekerja dengan ratusan bahkan ribuan objek, yang – karenaasyiknya – tidak terasa menghabiskan seluruh memory komputer dengan efek sampingkomputer berhenti atau mengeluarkan pesan kesalahan. Satu hal yang harus diketahuiadalah jika hal ini terjadi, pada beberapa kasus CorelDRAW ikut berhenti dan gambar andamenjadi hilang. Seluruhnya? Ya, seluruhnya! Oleh karena itu jangan lupa untuk seringmelakukan penyimpanan untuk mencegah hilangnya pekerjaan anda. Disarankan untukmelakukan save setiap 5 atau 10 menit sekali.Menyimpan GambarKlik pada menu ‘File Save’, atau bisa juga dengan menekan ‘Ctrl S’ pada keyboard, ataudengan mengklik ikon ‘Save’ (gambar disket) pada Standard Toolbar. Jika sebelumnyagambar belum pernah disimpan, akan muncul kotak dialog ‘Save Drawing’ yang menanyakannama file. Ketikkan nama file sesuai keinginan anda, kemudian klik tombol ‘Save’. Untukalasan kompatibilitas, anda dapat memilih format penyimpanan file gambar. Format defaultadalah CDR. Anda dapat juga memilih untuk menyimpan dalam format CDR versi-versisebelumnya, agar file gambar anda dapat dibuka oleh CorelDRAW versi lama. Jendelapenyimpanan ditunjukkan oleh gambar pada halaman berikutnya.

Membuka File GambarUntuk membuka kembali gambar, klik pada menu ‘File Open’, atau bisa juga denganmenekan ‘Ctrl O’ pada keyboard, atau dengan mengklik ikon ‘Open’ (gambar folderberpanah keluar) pada Standard Toolbar. Akan muncul kotak dialog ‘Open Drawing’, pilih fileyang diinginkan kemudian klik tombol ‘Open’.Menyimpan gambar yang mengandung objek teks.Jika anda memiliki objek teks pada gambar anda, kemungkinan ketika gambar tersebutdibuka di komputer lain, ada beberapa font yang tidak dimiliki komputer tersebut, sehinggafont yang anda gunakan untuk menuliskan teks tidak akan dapat ditampilkan. Untukmenghindari hal ini, pilihlah objek-objek teks yang dibuat menggunakan font yang jarangada, kemudian lakukan ‘Convert to Curve’. Objek teks anda akan menjadi kurva. Kekurangandari cara ini adalah teks anda tidak dapat diedit kembali. Cara lain adalah denganmencontreng pilihan ‘Embed Truetype Fonts’ saat melakukan penyimpanan pertama kali.Dengan cara kedua ini teks masih tetap dapat diedit, tetapi ukuran file akan menjadi lebihbesar karena memuat pula seluruh font yang digunakan.Edit dua objek atau lebihJika anda memiliki dua atau lebih objek curva yang perlu di edit dengan penggabungan ataumelakukan potongan pada objek tersebut yang bersinggungan maka kita perlu kita gunakancombine tol barDalam tool bar ini juga terdapat tool lain yaitu ;1. Weld yaitu mengcombine 1 atau lebih menjadi satu objek dengan satu fil dan satuoutline2. Trim yaitu memotong sbagian dari satu objek oleh objek yang lain3. Intersect yaitu menghasilkan objek lain dari overleaping dua objek atau lebih4. Simplify yaitu melakkukan trim pada objek dan hasilnya menjadi bagi dari objek itu5. Front minus back yaitu objek yang di depan di kurangi oleh objek yang di belakang6. Back minus front yaitu objek belakang di kurangi objek depan7. Create boundary yaitu membuat satu objek dari keliling dua objek atau lebih

LATIHAN 1MEMBUAT STEMPELNah Kali ini saya akan memberikan tips bagaimana membuat desain stempelLangkah pertama buat objek berbentuk lingkaran dengan diameter 35 mmCopy lingkaran tersebut, kemudian ubah langsung diameternya menjadi 23 mmNah, Sekarang buat guide untuk teksnya, copy lagi bentuk lingkaran yang kecil dan rubahdiameternya menjadi 25 mm, beri warna merah, caranya klik kanan pada warna merah padacolor palette

Kini kita hanya butuh 3/4 dari seluruh lingkaran merah, aktifkan lingkaran merah kemudianpada property bar pilih bentuk ArcGunakan Shape Tool untuk menarik sudut dari lingkaran seperti gambar disampingBuat satu guide untuk tulisan dibawah, dengan mengcopy lingkaran merah, kemudian denganshape tool tarik sudutnya seperti berikut:

Sekarang Ketik Teks: Pt. GLOBAL INNOVATION RESOURCES, Font yang saya gunakan type:IMPACT: Size: 12Aktifkan teks tersebut dan klik menu TEXT Fit Text To Path , Lalu klik lingkaran merahatasHilangkan warna merah pada lingkaran guide, dengan cara aktifkan / klik gluide tersebutBeri tanda bintang diantara teks, atau pertebal beberapa pointHasilnya:

Stempel logo1. Pertama Buka Corel Lalu buat Stamplenya(saya yakin pasti temen2 udah bisa.)Seperti gambar dibawah iniSaya wajibkan semua bidang/object pada stampel tersebut haruslah menajdi satu bidang, ygsaya maksud disini bukan Group tapi Weld.2. Langkah kedua adalah membuat coretan tanpa arah menggunakan Freehand Toolseperti gambar dibawah ini

pada stampel kita tadi lalu Trim-kan setelah itu wujud dari stampel kita tadi akan seperti ini5. Lalu jadikan bitmap (Bitmaps Convert To Bitmap)Jangan lupa rendahkan resolusinya, 300 dpi mungkin dan jangan sampai lupa mengklikTransparent Background.6. Atur posisinya dan jadilah stampel kita. seperti ini.

Memang hasilnya tidak maksimal, karena saya hanya mencontohkan saja, mungkinteman-teman nanti bisa lebih maksimal dan bagus.TUGASBUATLAH STEMPEL DENGAN MENGGUNAKAN 2 ATAU LEBIH WARNA

LATIHAN IIBER MAIN DENGAN TEKSPerlu diingat bahwa CorelDRAW adalah program yang diunggulkan dalam memproduksivector graphic dan semua font adalah vector graphic jadi dengan mudah kita bisamenggubah bentuk-bentuk font dalam corel, jika kita menggunakan Font(untuk diubah)gunakanlah yang simpel jangan terlalu rumit seperti el&font gohtic! Karena memperberatkinerja dari corel itu sendiri.Ditekankan disini, modul ini untuk memberikan pengetahuan pada anda bagaimana caramengubah Font dari bentuk normal menjadi abnormal jadi bukan hasil dari Modul ini yangsaya tekankan. baiklah tidak perlu panjang lebar omongan basi saya. langsung saja kitamulai1. First Step seperti biasanya Ctrl N2. Buat atau tulis kata sesuka hati dan ubah font-nya seperti gambar dibawah ini(Narsis dikit) Sengaja digunakan font GRAFFPITY / GRAFF karena terlihat rumittapi sebenarnya simpel3. Lalu pisahkan semua font(Break Artistic Text) dengan menekan Ctrl K pada keyboard

4. Lalu pisahkan semua font(Break Artistic Text) dengan menekan Ctrl K pada keyboardSampai kita bisa mewarnainya dengan warna2 berbeda, warna diatas tidak ada pengaruhnyaterhadap apa yang kita kerjakan hanya untuk membantu saya menerangkan. Setelah itu seleksisemua huruf dan Convert To Curve atau Ctrl Q(saya akan sering menggunakan Shortcutdisetiap modul saya, maka dari itu dimohon untuk membaca penjelasan tentang shortcut keyscorel).5. Setelah itu ubahlah ukuran Font atau letaknya, font paling depan dan belakangusahakan sama agar tidak terlalu mencolok, lebih spesifiknya ada dalam gambar dibawah(akhirnya punya kata laen.)5. Setelah itu mari kita ubah bentuk font satu per satu, kita mulai dari huruf pertama, klikShape Tool lalu klik pada font dan akan terlihat node-node pada outline font tadi, jika harusditampilkan gambarnya adalah sebagai berikutDelete semua Node pada object ditengah huruf(gambar anak panah) sehinggahilang objectnya seperti pada gambar dibawah ini(lagi.)

lakukan langkah diatas pada semua object ditengah-tengah huruf tadi sampai seperti ini6. Kita potong bagian-bagian yang dirasa tidak penting, langkahnya sebagai berikut :Klik Beizer Tool untuk membuat object seperti gambar diatas, lalu tekan Shift dan klik padahuruf N lalu klik Trim dan terpotonglah huruf N tadi seperti gambar dibawah ini

Dan balik huruf N tadi, itu tadi cara memotong yang susah, lebih mudah dengan shape toolmenurut saya, setelah itu kita akan membangun satu font dari potongan font lain, misalkanpotongan huruf V untuk ditambahkan pada huruf N, cara memotong sudah kita pelajarijadi langsung saja potong huruf V seperti gambar dibawah iniKita pun bisa memperpanjang object merah itu dengan Shape Tool, caranya seleksi Nodeyang diperlukan untuk memperpanjag, lihat gambar dibawah

Setelah itu(lagi) tekan Space Bar agar kembali ke Pick Tool, lalu klik object merah dan lalutekan Shit klik huruf N lalu klik Weld7. Langkah-langkah diatas dirasa cukup untuk mengubah bentuk Font, tapi akan sayateruskan modul ini, tambahkan lagi potongan huruf V dari sisi yang lain pada huruf RLangkahnya seperti pada huruf N tadi, lalu kita panjangkan huruf Y dengan Shape Tool lagi

Kita bisa membenahi Curve-nya(lengkungan) dengan Shape tool8. Lalu seleksi semua huruf dan Weld-kan (Satukan dengan Weld Tool) tinggal kitapermanis dengan tambahan-tambahan yang kita mau, seperti menambahkan Contour ( Effect Contour) pada tulisan tadi seperti dibawah ini, kita andalkan imajinasi kita sendiri ya.Dibawah ini juga, tapi keliatan g ya?

Kalau g kliatan neh dikasih versi vector biasaLATIHAN IIIModifikasi huruf dengan efek 3 DimensiKita juga dapat melakukan modifikasi huruf dengan efek 3 dimensi dengan berbagai carayaitu diantaranya dengan menggunakan fitur perspektif atau dengan menggunakan fitur yangada pada bitmap.Contoh modifkasi dengan menggunakan fitur perspektif :

1. Langkah awal kita buka program corel draw dan buat file baru ( langkah ini tentunyatemen-temen dah paham jadi gak perlu dijelasin lagi)2. Pilih font tool dalam toolbar untuk membuat teks. Klik sekali pada lembar kerjadengan maksud untuk menghasilkan teks dengan format artistic dan ketik WORKING3. Lakukan break part terhadap teks yang sudah ditulis agar terpisah dan dapat di edit satupersatu dengan mengklik object, klik break apart atau Ctrl K4. Langkah selanjutnya klik extrude pada tool bar lakukan setting warna pada extrusion color5. Lakukan pada huruf berikutnya dengan cara yang sama setelah itu lakukan add perspektif

Lakukan terus untuk teks berikutnyaLATIHAN IVEFEK CLIPKali ini kita akan coba membuat suatu efek tulisan dengan Coreldraw dengan nama efekclip .Berikut langkah – langkah nya :1. buat background kotak misalnya abu-abu.2. buat tect ‘CLIP’ dengan font arial blackMulai bekerja :1. buat kurva tertutup, dengan pen tool, lalu isi warna atau fill dengan hitam

2. kurva tertutup di beri warna gradiasi hitam ke putih dengan tool interactive fill tool. Dragseperti pada gambar berikut3. rencananya kita akan menggunakan POWER CLIP untuk memasukan kurva kedalam text‘CLIP’

6. Dengan cara seperti sebelumnya anda tentu bisa membuat gradiasi hitam putih Untuktext ’CLIP’ sehingga tampil sebagai berikut.7. Agar lebih terasa perbedaannya dengan background, buat outline putih padatext‘CLIP’ sebagai berikut

“ EFFECT CLIP ”LATIHAN VMEMBUAT PETA EFFECT 3DNah setelah effect kita akan pelajari bagaimana cara membuat text effect 3D.MEMBUAT PETA 3DDalam Kartu undangan, peta merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Terkadang perusahaanpercetakan menawarkannya dalam sebuah paket ,termasuk didalamnya kartu undangan, kartuucapan terima kasih, peta lokasi, plastik, cindera mata, buku tamu, dll.Pada modul kali ini, akan dibuat peta 3 D, tool-tool yang digunakan antara lain pen tool, text tool,Rectangle tool, sedangkan fasilitas yang digunakan ialah weld dan add perspective.LAngkah - Langkahnya:1. Langkah pertama yang harus selalu dilakukan sebelum membuat gambar adalah menetapkanareal gambar, di sini dibuat dalam ukuran 90 x 145 mm, buat kotak sebagai guideline.2. Pilih pen tool, buat alur jalan dengan cara klik pertama untuk menentukan titik awal dan gesermouse ke arah yang diinginkan lalu klik untuk menentukan titik akhir, dimana antara titikpertama dan ke dua ada garis yang menghubungkannya. Untuk membuat jalan lengkung :klik geser mouse klik tahan dan geser mouse untuk membuat lengkung

3. Jika sudah selesai, pilih Edit Select All (Ctr A) tekan F12 untuk mengatur property garis, beriketebalan garis 4 pt. Selanjutnya pilih menu Arrange Convert to objek (shift Ctrl Q) untukmembuat garis menjadi kurva. Atur warna pada Color Pallet garis hitam, fill kuning.4. Selanjutnya bentuk objek tadi menjadi 3 D, caranya aktifkan objek, pilih menu Effects AddPerspective5. Pilih ujung handle, sehingga kursor akan berubah menjadi tanda ( ), klik – tahan – tarikhandle untuk membuat perspektif. Hentikan jika kita sudah mendapatkan bentuk yang kitainginkan.6. Buat text untuk menamai jalan, simpan di tempat yang diinginkan.8. Untuk membuat gambar gedung, gunakan Rectangle tool, buat objek segiempat, beri warna,ubahlah segiempat tadi menjadi 3D, klik Interactive Extrude, klik gambar tahan dan tarik garisnyasehingga membentuk objek 3D, Untuk Lebih jelasnya hal ini juga berhubungan dengan (baca:Mudahnya Tulisan 3d dengan Coreldraw ) , sesuaikan dengan perspektif yang kita buat.9. Selain bentuk segiempat, bisa pula bentuk segitiga, polygon atau gambar rumah.

Hasilnya kira - kira seperti ini:LATIHAN VIINVISIBLE TEKS WITH DROP SHADOWLANGKAH - LANGKAHNYA:1. First step yang pasti buka Corel, lalu Ctrl N buat new blank page.2. Ok pasti semua udah pada bisa impor image kan?3. Langkah berikutnya kita buat text sesuka hati deh!! misalnya “Demonation” seperti gambardibawah ini, warnai putih agar terlihat jelas(sebenarnya gak ngaruh banyak :D )4. Copy image beserta text diatas tadi menjadi dua seperti gambar dibawah ini

5. Lalu transparankan text yang berada pada image kanan dengan mengklik color box palingatas diatas warna hitam (saya yakin anda semua sudah tau.hehe.)

beberapa software grafis lain dari Corel yang saling melengkapi. Ukuran instalasinya antara 100-300 megabyte untuk seluruh paket tersebut. Corel Graphics Suite tersedia untuk sistem operasi Windows dan Maci